Jumat, 16 November 2018

6 Khasiat Buah Yang Disebutkan Dalam Al qur'an

Tuhan menciptakan segala isi bumi termasuk sayur dan buah buahan agar bermanfaat bagi manusia. Tiap masing masing buah dan sayur memiliki manfaat atau khasiat yang berbeda beda. Berbagai jenis buah pernah disebutkan didalam kitab suci termasuk di dalam Al Qur'an. Khususnya dalam Al Qur'an beberapa buah di sarankan untuk dikonsumsi, karena mereka memiliki manfaat bagi tubuh manusia.
Berikut ini beberapa buah yang pernah disebutkan dalam Al qur'an beserta manfaat yang terkandung di dalamnya berdasarkan ilmu pengetahuan yang ada.

1. Buah Kurma
Buah yang sering popouler di bulan puasa ini termasuk buah yang paling sering disebutkan didalam Al Qur'an. Menurut Healthline buah kurma kaya akan kandungan serat dan antioksidan. Flavonoid yang ada didalam buah kurma ampuh untuk menurunkan tingkat risiko diabetes, Alzheimer, serta beberapa jenis kanker. Selain itu Karotenoid yang terkandung dalam buah kurma memiliki manfaat untuk kesehatan jantung serta mencegah gangguan penglihatan.
Sementara phenolic acid memberi perlindungan terhadap tubuh dari penyakit jantung juga kanker. Selain itu kurma bisa dijadikan alternatif pemanis yang tentu saja lebih sehat daripada gula, selain itu juga membantu tulang lebih kuat. Kandungan vitamin A serta vitamin B5 dalam kurma sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut serta kulit hingga usia senja.

2. Buah Tin
Buah ini hanya disebutkan satu kali dalam ayat Al Qur'an, yaitu pada pembukaan Surah At-Tiin. Para ahli tafsir Qur'an meyakini bahwa tin yang disebutkan tersebut adalah buah tin atau ara karena disandingkan dengan buah zaitun. Namun sebagian lainnya menganggap bahwa yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah bukit tin dan bukit zaitun, Yakni tempat di mana Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Isa a.s. mendapatkan wahyu.

Buah tin merupakan jenis buah yang kaya akan gizi, Buah tin rendah kalori akan tetapi kaya akan serat. Karena buah tin tidak mengandung lemak maka buah tin juga bagus untuk mereka yang sedang diet. Buah tin memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kandungan asam lemak serta vitamin E yang ada dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu juga bermanfaat untuk mengobati eczema, vitiligo, dan psoriasis.

3. Buah Pisang
Buah pisang pernah disebutkan dalam Surah Al-Waqiah. Memiliki kandungan kaium yang sangat baik untuk kesehatan. Walaupu kandungan gula dalam buah pisang cukup tinggi namun serat larut pektin mampu menyeimbangkan gula dalam darah dan memperlancar pencernaan. Kandungan kalium serta magnesiumnya bermanfaat untuk kesehatan jantungdan ginjal. Antioksidan penting seperti dopamine dan catechin juga banyak terkandung dalam buah pisang.

4. Anggur
Dalam Alqur'an buah ini disebutkan hingga 14 kali. Dikutip dari Healthy Site, anggur kaya akan polifenol, flavonoid, dan quercetin yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Antioksidan myricetin dan quercetin yang terkandung dalam buah anggur memiliki manfaat yang baik untuk mencegah kanker. Lutein dan zeaxanthinnya bagus untuk kesehatan mata.
Bahkan menurut Journal of Nutrition, buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi tubuh dalam memproduksi insulin. Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Zaitun
Buah zaitun merupakan salah satu sumber vitamin E dan antioksidan palinmg baik. Beberapa kandungan didalamnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Zat Oleonalic acidnya membantu mengurangi resiko kerusakan hati , mengatur kadar lemak dalam darah, serta meredakan peradangan. Quercetin yang ada dalam buah zaitun dapat menurunkan tekanan darah. Zat besi pada zaitun bermanfaat untuk sirkulasi oksigen dalam darah. Selain itu buah ini dapat melindungi tulang dari osteoporosis, serta mengurangi resiko terhadap kanker.

6. Buah Delima
Karena daging buah maupun cairan yang ada dalam buah ini hanya sedikit maka buah ini jarang dikonsumsi. Padahal buah ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Kekuatan antioksidan punicalagin dalam buah anggur tiga kali lipat dibandingkan anggur merah dan teh hijau. Buah delima juga bagus untuk mencegah kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, juga Alzheimer. Antioksidannya mampu menghindarkan risiko kanker payudara, arthritis, kanker prostat, darah tinggi, bahkan disfungsi ereksi.
Itulah beberapa manfaat buah untuk kesehatan yang pernah disebutkan dalam Alqur'an. Mengkonsumsi buah secara teratur sangat baik untuk kesehatan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar