Kamis, 15 November 2018

5 Komponen Kendaraan Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Bulan ini sepertinya sudah benar benar masuk musim penghujan. Menyambut musim ini tentu kita juga harus melakukan pengecekan kendaraan untuk mendukung keselamatan kita saat berkendara. Dengan mengecek kondisi beberapa komponen kendaraan maka akan menujang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Pasalnya jika tidak diperhatikan, bisa jadi akan membahayakan diri sendiri atau mungkin orang lain.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memasuki musim penghujan pada mobil anda adalah :

1. Karet Wiper
Meskipun kelihatan sepele namun kita tidak boleh mengabaikan karet wiper ini. Pastikan karet wiper masih mampu meyapu air dari kaca dengan sangat baik, dan jika sudah tidak sempurna sebaiknya segera diganti saja. Selain karena membuat sapuan wiper menjadi tidak bisa menghapus air di kaca juga karena bisa membuat kaca menjadi rusak.

2. Kaca Yang Berjamur
Kaca yang berjamur dapat mengganggu pandangan ketika hujan. Sebaiknya lakukan perawatan atau segera bersihkan gar pandangan menjadi lebih jelas dan menjadikan nyaman saat berkendara.

3. Komponen Rem
Komponen ini adalah komponen paling penting dalam kendaraan. Blongnya rem dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal. Lakukan perawatan jika ternyata komponen rem anda sudah tidak begitu pakem.

4. Lampu
Pastikan lampu kendaraan juga berfuingsi normal, hal ini dikarenakan saat kondisi hujan lebat kadang pandangan mata cukup terbatas. Nyala lampu saat kondisi hujan bisa menjadi sebuah penanda bagi kendaraan lain agar tak terjadi sebuah kecelakaan.

5. Kembangan Ban
Kembangan ban yang sudah aus atau botak bisa mengakibatkan mobil tergelincir. Sebaiknya segera ganti ban jika kondisinya sudah aus agar mobil terhindar dari tergelincir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar